Madakaripura

Madakaripura merupakan spot wisata air terjun yang masih berada di sekitaran Gunung Bromo.

Tahu Gunung Bromo? Pasti tahu lah yaa. Salah satu gunung yang sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga mancanegara.

Madakaripura

Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, air terjun ini memiliki tinggi kira-kira 200 meter. Dengan ketinggian tersebut, curug ini menjadi air terjun tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Luar biasa!

Tak hanya itu saja, karena air terjun stok airnya sangat melimpah dan tak pernah berkurang, air terjun ini sampai memiliki julukan Air Terjun Abadi.

Lokasi

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinisi Jawa Timur. Dan untuk mencapai desa tersebut, kamu bisa mencapainya baik dari arah kota Malang atau Probolinggo.

Maps

Rute

Dari Probolinggo

Dari Probolinggo, kamu bisa naik bus besar ke arah Tongas.

Beritahu pihak bus, kamu ingin berhenti di air terjun ini, maka kamu akan diturunkan di pertigaan Tongas.

Setelahnya, naik angkot dari Tongas ke lokasi air terjun.

Dari Malang

Kalau kamu dari arah Malang, kamu bisa memilih jalur tol via Tol Pandaan – Malang atau lewat jalan biasa yaitu Jl. Raya Purut Lembang.

Setelah masuk area Probolinggo, silakan ikuti rute Probolinggo yang sudah disebutkan sebelumnya.

HTM

Harga tiket untuk masuk ke lokasi air terjun ini, tergolong sangat terjangkau. Dengan membayar Rp 11.000,-/orang, kamu sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini dan menikmati keindahan alam di sana.

Disarankan (walau tidak wajib), kamu menggunakan jasa tur lokal mengingat jalur yang dilalui untuk mencapai air terjun ini bukanlah jalur yang biasa-biasa saja.

Jasa tur lokal ini kebanyakan tidak mematok tarif secara khusus. Kamu bisa memberikan bayar jasa mereka seikhlasnya — tentu dengan harga yang pantas.

Buka Jam Berapa

Secara umum, air terjun dibuka dari pukul 08.00 – 16.00 WWIB.

Tapi, di musim penghujan, biasanya diberlakukan sistem buka tutup di sana untuk alasan keamanan pengunjung.

Hal ini dilakukan, ketika musim penghujan, kawasan di sekitar air terjun menjadi rawan banjir dan rawan longsor.

Daya Tarik Air Terjun

madakaripura
Air Terjun Madakaripura | sumber gambar: pegipegi.com

Selayaknya wisata alam lain, air terjun ini juga menawarkan pesona alam yang dahsyat!

Pemandangan pohon-pohon besar, udara yang sangat segar, dan juga sungai-sungai yang jernih akan memanjakan mata kamu.

Eits, tapi jangan sampai lengah!

Kamu sebaiknya mempersiapkan diri mengenakan sepatu khusus yang kuat dan waterproof atau sandal gunung agar bisa menjelajah dengan lebih mudah.

Tak hanya itu, persediaan baju ganti, persiapan jas hujan atau sekadar payung, juga sebaiknya kamu bawa.

Perjalanan dari pintu masuk menuju air terjun utama membutuhkan waktu sekitar 1 jam, jadi persiapkan fisik dan mental kamu sebaik-baiknya.

Selain persiapan yang matang, kami menyarankan kamu datang mengunjungi spot wisata ini di pagi hari. Alasannya selain cuacanya yang relatif lebih sejuk, trafik pengunjungnya pun lebih sepi, jadi kamu bisa lebih leluasa untuk mengeksplorasi air terjun.

 Sejarah Madakaripura

Nama air terjun ini sendiri diambil dari nama yang sama, yaitu Madakaripura yang merupakan salah satu tanah perdikan milik Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Madakaripura dan Bromo

Seperti yang sempat disebutkan di atas, kalau kamu memiliki agenda liburan ke Gunung Bromo, jangan sampai lewatkan spot wisata alam hidden ini, Madakaripura!

Ada pertanyaan?